Letak Pantai Timang Gunungkidul ada di Desa Purwodadi, seperti juga Pantai Siung, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor. Desa Purwodadi adalah bagian dari wilayah Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Dan berbeda dengan pantai-pantai lain, justru yang paling menarik perhatian di pantai ini adalah Gondola, bukan pasir pantai atau semacamnya.

Karakteristik Pantai Timang Gunungkidul

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan tersendiri. Warna pasir di pantai ini putih bersih. Barisan pandan laut tumbuh di sekitar lokasi pantai. Tetapi memang, akses pantai ini tidak mudah karena lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Pantai ini terbagi menjadi dua bagian pantai. Bagian timur adalah pantai dengan hamparan pasir putih yang alami. Benar, pantai ini terlihat sangat lugu karena tidak banyak dipoles. Pemandangan yang disuguhkan juga apa adanya. Jika Anda datang dan melihatnya langsung, Anda akan berpikir tengah datang ke suatu tempat yang indah, tapi bukan tempat wisata.

Bagian kedua adalah pantai yang berada di sisi barat. Pantai inilah yang paling banyak menarik perhatian. Tidak ada pasir di sini, melainkan hanya tebing dengan batuan terjal. Dan di bagian depan, ada tebing lain yang membentuk semacam pulau berwarna hitam tanpa tumbuhan apapun di sana.

Tebing batu itu sering disebut masyarakat sekitar dengan Batu Panjang. Ada juga yang menyebut tempat mencari lobster itu dengan Pulau Panjang atau Pulau Timang. Di tebing itu, masyarakat menyeberang untuk mencari nafkah dengan bantuan kereta gantung sederhana. Kereta gantung ini, lantas terkenal dan menjadi objek paling menarik di Pantai Timang.

Mencoba Gondola di Pantai Timang Jogja

Kereta gantung di Pantai Timang GunungkidulĀ ini disebut Gondola. Badan kereta terbuat dari kayu tanpa sabuk pengaman atau alat pengaman apapun. Sedang tali penghubung yang digunakan memiliki diameter 4 cm dengan panjang 200 meter. Tentu saja, jika bukan warga sekitar, menggunakan Gondola semacam ini untuk menyebarang adalah tantangan tersendiri.

Pantai Timang Gunungkidul

Gondola ini didorong oleh tenaga manusia hingga meluncur ke seberang pulau. Hampir sampai ke ujung, akan ada orang yang menarik Gondola hingga Anda bisa sampai ke Pulau Timang dan turun. Jadi memang sangat manual. Menariknya, tidak jarang hempasan air laut mengenai badan kereta gantung saat menyeberang. Siap-siap menikmati basah di Pantai Timang Gunungkidul ya.

Alternatif lain, Anda bisa menyeberang lewat jembatan tali ke pulau seberang. Meski tidak semenantang naik Gondola, pasti Anda akan was-was menyeberang ke Pulau Timang.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Timang, harus membayar retribusi Rp5.000. Harga tersebut sudah termasuk gratis parkir kendaraan. Tetapi, untuk mencoba keseruan naik Gondola, Anda harus membayar retribusi Rp150.000 untuk sekali menyeberang bolak-balik. Kapasitas sekali menyeberang ini hanya untuk dua orang saja.

Tapi begitu, dari referensi lain, Anda diharuskan mengojek untuk sampai di Pantai Timang. Ini karena lokasi parkir kendaraan dan Pantai Timang masih cukup jauh. Perjalanan dengan sepeda motor masih sekitar 30 menit. Pilihan lain, jika Anda tidak ingin mengojek, Anda bisa menyewa mobil jip yang tentu akan lebih mahal lagi.

Dari referensi-referensi tersebut, bisa jadi hanya karena adanya lonjakan pengunjung. Sebab, beberapa pengelola pantai mengambil tempat parkir sedikit jauh untuk mengantisipasi kekurangan lahan parkir. Dan ini biasanya terjadi pada musim liburan.

Rute Menuju Pantai Timang

Seperti halnya pantai-pantai di gunungkidul, akses menuju ke sana dengan berpatokan pada Kota Wonosari. Jadi, dari arah manapun, baik dari Jogja atau bahkan dari Solo, silakan ambil arah menuju Kota Wonosari. Pantai Timang dan ibukota Kabupaten Gunungkidul tersebut hanya berjarak sekitar 35 km saja.

Dari Kota Wonosari, Anda ambil arah ke Pantai Baron sampai Anda menemukan pertigaan Mulo. Dari pertigaan mulo tersebut arahkan ke Pantai Siung. Begitu Anda menemukan Pasar Dakbong, silakan Anda ikuti petunjuk arah yang akan membawa Anda ke Pantai Timang.

Secara keseluruhan, rute di atas cukup baik. Hanya saja, setelah melewati Pasar Dakbong, jalan menuju Pantai Timang bukan lagi jalan aspal, tetapi jalan tanah biasa yang sedikit berbatu. Jadi, akan sangat disarankan, Anda lebih berhati-hati selama berkendara.

Akhirnya, selamat berwisata. Semoga selamat sampai tujuan. Jika Anda membutuhkan kendaraan misalnya, silakan hubungi kami. Kami adalah jasa rental motor di pusat Kota Yogyakarta. Kami akan sangat senang bisa menjadi bagian perjalanan wisata Anda ke Pantai Timang Gunungkidul.