Lain dengan pantai di Gunung Kidul yang berpasir putih, Pantai Trisik Kulon Progo ini mempunyai pasir hitam yang eksotis. Pantai trisik merupakan sebuah objek wisata dari Kabupaten Kulon Progo yang mempunyai kekhasan dibandingkan pantai lain. Suasana pedesaan di pesisir pantai ini masih sangat terasa kental. Terlihat dari rumah warga dan gubug-gubug yang menjajakan makanan letaknya saling berdekatan.

Mengungkap Sisi Menarik Pantai Trisik Kulon Progo Jogja

pantai-trisik-kulon-progo-jogjaKawasan pantai ini dibatasi oleh sebuah muara Sungai Progo. Sungai ini merupakan sebuah sungai pembatas antara Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo. Sementara itu daerah muara sering dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu sekaligus pengamatan burung. Saat berkunjung ke Pantai Trisik Kulon Progo, Anda akan menemukan berbagai aktivitas warga sekitar yang memanfaatkan kekayaan alam di sekitar pantai trisik.

Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke Pantai Trisik. Lalu apa sajakah itu? Berikut ini beberapa aktivitas dan keseruan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Trisik Kulon Progo. Dijamin liburan Anda akan terasa menyenangkan.

Menikmati Eksotisme Pantai Trisik Kulon Progo Sambil Memakan Es Cream

pantai-trisik-kulon-progo-jogja

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang berbeda, Anda perlu menjajal tempat wisata di Kulon Progo ini. Anda bisa bersantai di tepi pantai dengan teman-teman atau saudara Anda sembari menikmati es cream. Cuaca yang sedikit panas ditambah es cream dan semilir angin pantai, tentunya akan memberikan sensasi yang menyenangkan.

Ombak di pantai ini pun tergolong tenang, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk bermain air di tepi pantai. Sekedar saran, sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai Trisik saat menjelang sore. Karena panorama pantai ini akan terlihat lebih indah dengan mata hari terbenamnya.

Menyaksikan Konservasi Penyu yang Lucu

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa menyaksikan konservasi penyu yang terletak tidak jauh dari pantai ini. Anda akan melihat penyu-penyu yang lucu di tempat konservasi. Sebagai kenang-kenangan, Anda juga bisa mengambil foto di tempat konservasi. Sungguh menarik bukan? Sebuah pengalaman yang tidak di dapat dari pantai lain.

Menyaksikan Berbagai Jenis Burung yang Bermigrasi

Selain penyu, Anda juga bisa menyaksikan berbagai jenis burung yang beterbangan di langit. Burung yang bermigrasi tersebut sering menjadikan Pantai Trisik Kulon Progo sebagai tempat singgah. Ada beberapa jenis burung yang bisa Anda temui jika beruntung, diantaranya burung cerek kalung kecil, walet sapi, kedidi leher merah, trinil pantai, trinil rawa, udang biru dan kuntul kerbau.

Membeli Ikan Segar di Pelelangan

Pantai Trisik Yogyakarta juga biasa digunakan oleh para nelayan sekitar menjadi tempat pelelangan ikan-ikan segar. Dan jika Anda berkunjung ke pantai ini jangan sampai lupa untuk membeli ikan segar dari para nelayan sebagai oleh-oleh Anda.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute ke Pantai Trisik

Pantai Trisik terletak di Wilayah Brosot, Kabupaten Kulon Progo. Apabila Anda dari Bantul menuju Purworejo melewati Palbakan dan Srandakan, Anda akan melewati Pantai Trisik. Sementara jarak pantai trisik dari pusat kota Yogyakarta cukup jauh yaitu sekitar 35 km.

Sedangkan akses jalan menuju Pantai Trisik Kulon Progo mudah ditempuh dari segala arah. Jalanannya yang sudah beraspal halus dan cenderung datar akan memudahkan perjalanan Anda. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena jalanan menuju pantai ini cenderung sepi.

Dari pusat Kota Jogja untuk sampai ke Pantai Trisik, terlebih dahulu Anda bisa menuju kota Bantul. Dari Bantul menuju ke kecamatan Srandakan, lurus sampai melewati jembatan Kali Progo lanjut sampai pertigaan Brosot. Dari pertigaan Brosot ambil kiri dan ikuti petunjuk arah menuju pantai trisik. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan GPS dan bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Trisik

Untuk menikmati keindahan objek wisata pantai trisik Yogyakarta, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp2.000,00 perorang. Dengan biaya parkir kendaraan sekitar Rp3.000,00 untuk motor, dan Rp10.000,00 untuk mobil. Sementara fasilitas yang tersedia di pantai trisik memang belum memadai, hanya tersedia lahan parkir dan warung-warung penjual makan dan minum di pinggir pantai.

Demikian beberapa aktivitas dan sedikit info tentang Pantai Trisik Kulon Progo, semoga dapat memberikan informasi kepada Anda. Untuk transportasi menuju pantai, Anda bisa menyewa motor di sewamotorjogja.id. Selain prosedurnya mudah, layanan kami sudah dipercaya banyak pelanggan. Buktikan saja sendiri.