Pantai Wediombo Jogja menjadi salah satu pantai menakjubkan yang patut menjadi list wisata pantai Anda. Lokasi pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini sedikit rendah daripada dataran sekitar. Sehingga Anda harus menuruni anak tangga untuk bisa mencapai pantai. Menarik sekali, bukan?

Menikmati Pantai Wediombo Jogja yang Cantik

Jangan bayangkan Pantai Wediombo seperti pantai pada umumnya, yang langsung Anda temukan setelah melewati barisan pohon kelapa atau barisan hutan mangrove. Memang, Anda akan melewati hutan mangrove sebelum sampai di Pantai Wediombo. Tetapi sebelum itu Anda harus melewati area pertanian warga, pemukiman, barulah bertemu barisan pohon mangrove lalu sampai di pantai.

Dan yang menarik, jalan menuju pantai ini terus menurun. Anda akan melewati banyak anak tangga sebelum sampai di pantai. Tentu saja, perjalanan ke pantai semacam ini akan memberi kesan tersendiri bagi Anda. Nanti, setelah Anda sampai di pantai, Anda akan melihat lapang area Pantai Wediombo yang putih dan bersih. Lengkap dengan ombak besar sebagai ciri khas pantai di selatan Pulau Jawa.

Asyiknya Berselancar di Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Jogja

Salah satu penunjang untuk bermain selancar adalah ombak yang besar. Dan salah satu pantai di Gunungkidul yang ombaknya cukup baik untuk selancar adalah Pantai Wediombo. Apalagi, karakteristik Pantai Wediombo ini cukup lapang dan tidak dipenuhi oleh karang. Inilah mengapa pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadi pantai jujugan wisatawan mancanegara.

Menikmati Kolam Alami Pantai Wediombo

Kolam alami ini adalah sekolompok batu karang yang membuat cekungan sehingga terbentuk semacam kolam air laut cukup besar. Kolam ini menjadi pilihan tempat berenang yang asyik jika Anda tidak ingin berenang di pantainya secara langsung. Sebab, tidak seperti Pantai Wediombo yang memiliki ombak besar, cekungan ini tidak memiliki ombak sama sekali. Namun airnya sama-sama asin karena berasal dari laut.

Di kolam alami Pantai Wediombo Jogja ini, Anda akan melihat bagaimana air laut masuk ke dalam area kolam. Deburan ombak yang keras menghantam karang yang menjadi dinding kolam alami. Lantas dengan cantik, air laut itu akan turun ke kolam. Sepintas, terlihat semacam air terjun saat air laut turun mengisi kolam.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata di Pantai Wediombo Jogja

Tiket masuk ke Pantai Wediombo hanya Rp5.000 perorang. Harga ini mungkin saja berubah. Sebab, beberapa tempat wisata selalu menaikkan harga tiket ketika musim liburan. Tapi begitu, Anda tidak akan merasa bingung saat mengunjungi Pantai Wediombo. Fasilitas wisata di Pantai Wediombo di Gunungkidul ini sudah lengkap.

Jumlah kamar mandi di Pantai Wediombo cukup banyak. Tempat ibadah untuk pengunjung muslim juga sudah tersedia. Di sekitar pantai, juga banyak Anda temukan warung-warung yang menyajikan menu masakan laut. Harganya pun cukup terjangkau, seterjangkau harga penginapan di sana.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Lokasi Pantai Wediombo ada di Desa Jepitu. Desa ini adalah salah satu desa di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Rute menuju pantai ini adalah rute yang sama dengan Pantai Siung. Hanya saja, ketika Anda sampai di Pertigaan Tepus, belokkan kendaraan ke arah jalan sesuai dengan petunjuk arah ke Pantai Wediombo.

Jadi, rute lengkapnya adalah dari pusat Kota Yogyakarta, lalu ke Kota Wonosari, dan menuju Tepus. Setelahnya, Anda lakukan seperti yang sudah ditulis di atas. Pantai Wediombo ini berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan 40 kilometer jika dari Kota Wonosari.

Menuju Pantai Wediombo Gunungkidul Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Dari pusat Kota Yogyakarta, terdapat bus yang bisa mengantar Anda ke Kota Wonosari. Dari Wonosari, Anda bisa menggunakan minibus yang akan mengantar Anda sampai Jepitu. Dari Jepitu hingga ke lokasi pantai, jalan satu-satunya adalah menggunakan jasa ojek.

Jika Anda merasa lebih baik membawa kendaraan sendiri, Anda bisa rental kendaraan di sekitar pusat Kota Yogyakarta. Terdapat banyak jasa rental yang bisa membantu Anda. Salah satu jasa rental yang bisa Anda percaya adalah jasa rental kami Sewa Motor Jogja. Silakan hubungi kami, dan dengan senang hati kami akan membantu Anda memudahkan perjalanan Anda ke Pantai Wediombo Jogja.