Menemukan beragam satwa dan tanaman hias yang dijual dalam satu kawasan memang tidak mudah. Namun, Yogyakarta selalu punya solusinya. Datang saja ke Pasty Yogyakarta. Salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini sangat ngehits sebagai pasar satwa dan tanaman hias. Ada puluhan kios berjajar untuk mengakomodasi penjualan dan pembelian satwa dan tanaman hias. Bahkan ada juga pameran pertunjukan keahlian hewan. Lalu, seperti apa daya tarik wisata Pasty Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Menjelajah Pasty Yogyakarta

Obyek wisata Pasty mulai dioperasikan secara resmi pada 22 April 2010 oleh Walikota Yogyakarta saat itu. Pasty merupakan kepanjangan dari nama Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Dulunya, kegiatan Pasty berada di wilayah Ngasem yang kini justru dikenal sebagai pusat kerajinan dan seni Yogyakarta. Pasty hadir dengan bentuk pasar dalam taman yang terbagi menjadi dua zona berseberangan, yaitu Zona Satwa dan Zona Tanaman Hias.

Pusat dari Pasar Burung

Pasty sangat populer sebagai solusi mencari satwa dan tanaman hias. Terutama bagi penggemar burung karena Pasty telah dipercaya sebagai pusat penjualan burung di Yogyakarta. Beragam jenis burung tersedia di Pasty Yogyakarta. Tidak perlu khawatir, semuanya legal. Bahkan bisa juga menjual burung atau satwa yang dimiliki kepada pedagang atau sesama pengunjung lain di Pasty. Terdapat beberapa satwa lainnya selain burung, seperti reptil, hamster, ikan hias, iguana, ayam dan anjing selalu siap untuk diperjualbelikan.

Asiknya Jalan di Pasty

Pasty Yogyakarta

Akuarium penjual ikan hias

Area Pasty cukup luas sekitar 30.000 meter persegi. Pengunjung bisa berkeliling jalan di Pasty dengan asik. Selain itu, pengunjung dapat memanjakan mata dengan satwa dan tanaman hias yang ada di sana. Di Zona Satwa ada beragam jenis hewan. Sementara di Zona Tanaman Hias ada sekitar 30 stan tanaman.

Piknik Bersama Sahabat dan Keluarga

Berbeda dengan kondisi pasar pada umumnya. Pasty Yogyakarta terbilang istimewa. Pasar satwa dan tanaman hias ini tertata dengan baik. Banyak pepohonan di sekeliling areanya. Bahkan terdapat gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat piknik bersama sahabat dan keluarga. Selain itu, pengunjung akan merasa seperti di kebun binatang mini. Tentu saja sangat edukatif untuk anak-anak.

Keseruan Tawar-Menawar

Pasty Yogyakarta

Layaknya kondisi dan situasi pasar, Pasty Yogyakarta juga menyajikan keseruan tawar-menawar. Pengunjung bisa mengajukan penawaran harga di bawah harga yang diberikan pedagang. Pedagang juga bisa mengajukan penawaran harga saat membeli dari pengunjung. Harga satwa dan tanaman hias yang diperjualbelikan memang relatif tergantung kesepakatan diantara keduanya.

Menikmati Hidangan Ala Angkringan Jogja

Jangan takut kelaparan, Pengunjung bisa menikmati hidangan ala angkringan Jogja. Ada beragam menu makanan seperti nasi kucing, gorengan, sate atau makanan khas angkringan lainnya tersedia di sana. Selain menu makanan, juga tersedia menu minuman yang menyegarkan. Pengunjung bisa memesan es teh manis sebagai minuman favorit untuk menemani menu makanan. Angkringannya juga sangat nyaman dan aman. Jadi tidak perlu khawatir dengan kebersihannya.

Lokasi dan Rute ke Pasty

Lokasi Pasty berada di Jalan Bantul kilometer 1 Dongkelan, Yogyakarta. Rute perjalanan menuju Pasty cukup strategis dan mudah dijangkau. Anda bisa memulai perjalanan dari perempatan pojok Beteng Kulon. Dari sana, langsung saja menuju arah selatan atau arah ke Jalan Bantul. Selanjutnya ikuti jalan lurus sejauh 1,5 kilometer. Anda akan menemukan gerbang pintu Pasty, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Untuk dapat memasuki kawasan Pasty, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jam buka Pasty dimulai pukup 07.00-17.00 WIB. Fasilitas tersedia seperti tempat parkir, musholla, toilet, foodcourt, playground, area lomba burung berkicau, klinik hewan dan hot spot. Selain itu ada banyak juga yang disediakan di Pasty Yogyakarta, seperti beraneka macam tanaman hias, beraneka macam satwa, beragam jenis burung, bermacam jenis makanan dan kandang untuk hawan serta keperluan satwa lainnya.

Itulah ulasan tentang Pasty Yogyakarta. Rasanya sudah mulai membuat gregetan untuk segera mengunjunginya. Tetapi, sebelum mengunjunginya, pastikan untuk datang pada jam buka sekitar waktu siang hari. Sebagai informasi tambahan, ada baiknya mempersiapkan kamera untuk memfoto bermacam satwa dan tanaman hias atau ber-selfie ria dengan sahabat dan keluarga. Untuk antisipasi hindari hari libur karena Pasty akan sangat ramai. Selamat berlibur!