Pecinta ketinggian tentu menyukai wisata ini. Puncak Suroloyo Jogja menjadi salah satu primadona lanskap di ketinggian Yogayakarta. Puncak Suroloyo Yogyakarta merupakan dataran tertinggi di deretan Perbukitan Menoreh. Keindahan pemandangan Perbukitan Menoreh dan pemandangan wilayah Yogyakarta serta Magelang bersama Candi Borobudurnya sangat melengkapi lanskap keindahan alam Indonesia. Bukan hanya itu, dari Puncak Suroloyo Yogyakarta wisatawan bisa melihat pemandangan 5 gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Ungaran.

Menguak Sisi Indah Puncak Suroloyo Jogja yang Menawan

Puncak Suroloyo Jogja berada di ketinggian kurang lebih 2000 meter dpl melintas di sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Puncak Suroloyo Yogyakarta memiliki tiga buah gardu pandang yang disebut pendopo. Setiap pendopo bernama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Puncak Suroloyo Jogja menyimpan cerita legenda tentang kisah seorang Raden Mas Rangsang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo menjalani pertapaan untuk melaksanakan wangsit yang datang padanya.

Beberapa ulasan menarik untuk wisatawan yang melakukan kunjungan Puncak Suroloyo Jogja. Berikut ini ulasannya.

Legenda di Puncak Suroloyo Yogyakarta

Legenda di Puncak Suroloyo Yogyakarta berawal dari seorang pujangga bernama Ngabehi Yasadipura dari Keraton Surakarta. Pujangga ini mengisahkan Raden Mas Rangsang, Putra Mahkota Kerajaan Mataram Islam, mengaku menerima wangsit untuk menjadi penguasa tanah Jawa. Kemudian wangsit kedua memerintahkan agar Raden Mas Rangsang memiliki gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma. Raden Mas Rangsang yang menerima wangsit harus melaksanakan tapa brata di salah satu Perbukitan Menoreh. Tempat pertapaan inilah yang disebut Puncak Suroloyo.

Berburu Sunrise dan Sunset Pasti Menyenangkan

puncak-suroloyo-jogja

Ketinggian pasti menjanjikan keindahan sunrise dan sunset yang menyenangkan. Terlebih saat cuaca cerah, lima gunung di Pulau Jawa serta kemegahan Candi Borobudur ditambah pancaran sinar sunrise dan sunset terlihat istimewa. Saat langit menjadi gelap, cahaya lampu dari kota Yogyakarta juga akan tampak sangat mengesankan.

Berburu sunrise dan sunset bisa dilakukan di tiga pendopo. Pendopo pertama yaitu pendopo pertapaan Suroloyo terletak paling bawah. Pendopo kedua bernama pendopo Sariloyo yang terletak di ketinggian 200 meter sebelah barat. Pendopo ini menyuguhkan panorama lanskap Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Terakhir, pendopo pertapaan di paling puncak adalah pendopo Kaendran yang bisa dicapai setelah menaiki 290 anak tangga.

puncak-suroloyo-jogja

Jangan takut jika cuaca tidak begitu cerah, wisatawan justru bisa menikmati pemandangan yang tertutup kabut. Kondisi ini banyak dijuluki sebagai Puncak Suroloyo “negeri di atas awan”. Dalam kondisi cuaca apapun, wisatawan bisa menikmati keindahan bentangan alam yang menyenangkan.

Saksikan Upacara Adat 1 Suro

Selain keindahan bentang alam, Puncak Suroloyo Yogyakarta menjadi tempat penyelenggaraan beberapa upacara adat. Misalnya, Jamasan Pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo. Upacara adat ini berlangsung di Sendang Kawidodaren sekitar 300 meter dari puncak. Wisatawan harus mencatat baik-baik waktu pelaksanaan upacara adat. Upacara adat ini hanya ada setiap tanggal 1 Suro berdasarkan Kalender Jawa.

Lokasi dan Rute ke Puncak Suroloyo Yogyakarta

Lokasi Puncak Suroloyo Yogyakarta berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Rute menuju Puncak Suroloyo Yogyakarta dari kota Yogyakarta menuju perempatan Ring Road Barat Demak Ijo. Dilanjutkan menyusuri jalan Godean menuju Pasar Godean. Lalu ke arah jembatan Sungai Progo sampai di perempatan lampu merah Kenteng, ambil kanan. Kemudian ikuti jalan menuju lampu merah Tugu Dekso, ambil kiri. Selanjutnya jalan menuju Kecamatan Samigaluh dan ikuti papan petunjuk jalan menuju Suroloyo, Puncak Suroloyo.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Puncak Suroloyo Yogyakarta bisa dikunjungi untuk umum selama 24 jam setiap hari. Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang dan jasa guide sebesar Rp50.000. Puncak Suroloyo Jogja menyediakan penginapan bagi para wisatawan untuk bermalam. Penginapan terletak di bawah puncak sebelah Barat berkapasitas lima kamar untuk dua puluh orang. Biaya penginapan sebesar Rp.120.000 dengan fasilitas makan satu kali dan minum teh selama 12 jam.

Demikianlah ulasan Puncak Suroloyo Jogja. Sebaiknya berkunjung dalam kondisi tubuh fit karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk sampai di Puncak Suroloyo. Selalu perhatian jalan dan perhatikan setiap rambu informasi yang ada. Sudah tidak sabar mengunjungi Puncak Suroloyo Yogyakarta? Jangan khawatir terhadap transportasi, wisatawan bisa menyewa motor di layanan sewamotorjogja.id.