Sebagai salah satu kota yang pernah menjadi ibukota negara, Yogyakarta membangun Monumen Jogja Kembali sebagai tanda peringatan atas kekalahan Belanda yang menarik pasukannya mundur. Itu juga merupakan bukti atas kemenangan para pejuang mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Nah, masih berada di kawasan Monumen Jogja Kembali, ada sebuah wisata tersendiri yang bernama Taman Lampion Yogyakarta.

Taman Lampion biasa disebut dengan Taman Pelangi. Jika mendengar kata pelangi, tentu Anda akan terbayang warna-warna indah yang membentuk perpaduan yang cukup indah. Pelangi akan terlihat saat siang hari, namun berbeda dengan Taman Lampion atau Taman Pelangi, wisata ini hanya dibuka pada malam hari. Simak ulasan berikut mengenai Taman Lampion Jogja.

Wisata Malam di Taman Lampion Jogja yang Penuh Warna-Warni

taman-lampion-jogja

Perbedaan antara taman lampion dengan pelangi adalah waktu munculnya. Jika pelangi muncul saat siang hari, maka taman lampion hadir di malam hari. Persamaannya adalah keindahan keduanya yang sama-sama menampilkan perpaduan indah di antara berbagai warna.

Berada di taman lampion, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lampu atau lampion yang sangat kaya akan warna. Lampion-lampion yang ada, memiliki bentuk, ukuran dan warna yang berbeda-beda. Perbedaan itulah yang memunculkan menjadi daya tarik tersendiri bagi taman lampion.

Wisata ini ada di kompleks halaman Monumen Jogja Kembali. Di gerbang pembuka taman lampion, ada sebuah lampion besar yang membentuk pelangi. Setelah itu, pengunjung dapat menyaksikan deretan aneka ragam lampion yang berbentuk hewan, tumbuhan sampai karakter tokoh dari beberapa kartun yang terkenal.

Berbeda dengan lampion biasa, lampion di Taman Lampion Jogja tidak digantung di langit-langit, melainkan banyak yang ditancapkan ditanah atau ditempelkan di dinding. Ada pula hiasan lampu yang memancarkan warna kerlap-kerlip sehingga menampilkan suasana yang meriah dan terkesan romantic.

Berburu Foto di Taman Lampion Jogja Pasti Seru

taman-lampion-jogja

Karena banyak lampion dan lampu kerlap-kerlip berwarna-warni, taman lampion sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto bagi para pengunjung. Cukup mengabadikan momen dengan kamera pocket ataupun smartphone. Tapi, kalau ingin hasil lebih bagus tentu Anda bisa menggunakan kamera DSLR.

Lokasi dan Rute ke Taman Lampion Jogja

Lokasi taman lampion berada di kawasan Monumen Jogja Kembali yang ada di Jl. Ringroad, Sariharjo, Jongkang, Sleman. Untuk menuju monumen ini, Anda bisa mengarah ke utara perempatan tugu sampai ke perempatan jalan Ringroad. Dari sana bisa berputar ke kiri dan berbalik untuk menuju area Monjali.

Harga Tiket dan Fasilitas di Taman Lampion

Harga tiket untuk masuk ke Taman Lampion cukup murah. Pengunjung hanya harus membayar Rp10.000 per orang pada hari Senin-Kamis. Sedangkan hari Jum’at-Minggu, harga tiketnya naik menjadi Rp20.000 per orang. Taman lampion dibuka pada pukul 17.00-22.00 saja. Jadi, jangan terlalu malam jika ingin mengunjungi taman ini.

Taman Lampion tak hanya menawarkan keindahan lampu dan lampion yang beraneka ragam saja. Ada beberapa fasilitas dan wahan lainnya seperti bom-bom car, sepeda tandem, wahana trampoline, dan perahu dayung.

Ada juga wahana Puri Hantu bagi pengunjung yang ingin menguji keberanian mereka. Juga wahana air antara lain adalah speed boat, bola air, dan bebek kayuh. Jika lapar, di taman lampion ada arena food court bagi wisatawan yang ingin mengisi perut setelah bersenang-senang dengan banyaknya wahana dan fasilitas yang ada.

Fasilitas lainnya ada area parkir kendaraan, toilet umum juga sudah tersedia. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua, dikenakan biaya Rp2.000 per motor, sedangkan kendaraan roda empat hanya Rp5.000 saja.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai Taman Lampion Jogja yang menawarkan keindahan malam yang mungkin saja tak ada di kota Anda. Sekedar tips, sangat disarankan untuk mengunjungi Taman Lampion ketika musim kemarau agar bisa menikmati indahnya malam tanpa perlu khawatir akan kehujanan. Bagi yang sedang berwisata di Yogyakarta dan tidak membawa kendaraan, sekarang tak perlu khawatir lagi. Karena di wilayah Jogja ada jasa sewa motor berpengalaman dan terpercaya. Lihat penawaran terbaik kami di laman sewamotorjogja.id.