Bukan hanya kaya dengan tempat wisata sejarah, Yogyakarta juga memiliki sebuah tempat wisata yang dapat digunakan untuk belajar sambil bermain. Tempat wisata ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi, terlebih bagi anak-anak. Penasaran seperti apa keasyikan yang ada di tempat wisata tersebut? Baca ulasan mengenai Taman Pintar Yogyakarta sampai titik paling akhir ya. Siap?

Secuplik sejarah dibangunnya Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Bangunan yang sekarang digunakan sebagai Taman Pintar dulunya adalah bekas pusat perbelanjaan. Relokasinya mulai dilakukan pada tahun 2004, dan membutuhkan beberapa tahap pembangunan. Pembangunan itu membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun, dan peresmian gedung dilakukan pada tanggal 16 Desember 2008.

Taman Pintar berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2. Tujuan dibalik pembangunan Taman Pintar ini adalah untuk mendukung program pembelajaran di sekolah sejak dini dengan membangun kreativitas anak. Harapannya, di masa depan akan semakin banyak inovator-inovator di bidang teknologi, dan tentunya itu dipelopori oleh anak negeri.

Belajar pun jadi seru di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar menawarkan model pembelajaran dengan perpaduan konsep antara pendidikan dan permainan dengan media yang menarik sehingga bisa merangsang rasa ingin tahu anak serta daya kreatifnya. Sesuai dengan visi taman pintar, yakni menjadi wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan.

Terapat 6 wahana dan 3500 alat peraga di tempat ini. Wahana tersebut, antara lain:

  1. Playground

Sesuai dengan namanya, di playground terdapat banyak alat peraga yang tentu menyenangkan bila sampai di tangan anak Anda. Wahana ini bisa diakses secara gratis. Di playground terdapat 13 zona, seperti tapak Presiden RI, taman air menari, spektrum warna, sistem katrol, rumah batik, rumah gerabah, wahana bahari, parabola berbisi, dan sebagainya.

  1. Gedung PAUD

Ada dua gedung PAUD, yakni Gedung PAUD barat dan timur. Di sini terdapat alat peraga edukasi yang tentunya cocok bagi anak usia pra-TK. Terdapat 7 ruang di dalam gedung ini, antara lain ruang computer kids, petualangan, profesi, pertunjukan, perpustakaan anak, religi dan budaya, serta susun balok.

  1. Gedung Oval

Terdapat berbagai macam alat peraga sains yang ditampilkan di sini. Menyenangkannya lagi, alat peraga di gedung ini dapat diakses oleh semua pengunjung. Gedung Oval memiliki 2 lantai. Di lantai 1 terdapat 6 zona, seperti dome area, harmoni alam, titian sains, dan lain-lain. Sedangkan di lantai 2 terdapat 8 zona, seperti zona ilmu bumi, teknologi konstruksi, nuklir, kelistrikan, teknologi komunikasi, dan lain-lain.

  1. Gedung Kotak

Gedung ini terdiri dari 3 lantai dengan fungsi berbeda satu sama lain. Di lantai 1 terdapat enam tempat, yakni radio anak, food court, souvenir center, dll. Di lantai 2 terdapat tujuh zona, yakni zona pengolahan minyak dan gas bumi, air untuk kehidupan, warisan leluhur, teknologi pengolahan susu, dan sebagainya.

Sedangkan di lantai 3 yang merupakan zona kreativitas, berisi teater 4D, zona sains dan teknologi, serta animasi.

  1. Gedung Memorabilia

Isi dari gedung ini berkaitan erat dengan sejarah, seperti sejarah Kesultanan Yogyakarta, perjuangan melawan penjajah, tokoh-tokoh pendidikan, tokoh nasional, dan tentunya presiden RI dari presiden pertama hingga presiden yang tengah menjabat hari ini.

  1. Planetarium

Namanya saja sudah planetarium, tentu saja ada berbagai alat peraga yang terkait dengan pengetahuan mengenai astronomi.

Lokasi dan rute yang dapat diakses

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman ini letaknya tidak jauh dari Malioboro, kurang lebih 200 m ke arah timur dari perempatan Jalan Malioboro. Anda dapat menuju ke sana dengan kendaraan umum, juga kendaraan pribadi.

Harga tiket dan jam buka

Harga tiket di setiap wahana berbeda. Untuk oval – kotak, tiket anak-anak Rp12.000, dewasa Rp20.000. Planetarium, anak-anak dan dewasa Rp22.000. PAUD Rp3.000. Wahana bahari baik anak-anak dan dewasa Rp4.000. Lalu lintas Rp12.000. Teater 4D, anak-anak Rp15.000 dan dewasa Rp20.000. Dino Adventure, anak-anak Rp20.000 dan dewasa Rp25.000. Hand on Science, baik anak-anak dan dewasa Rp10.000. Broadcasting, Rp15.000.

Selain itu, untuk program kreativitas juga dikenakan biaya tambahan, yakni kreasi batik Rp13.000, kreasi gerabah Rp10.000, lukis kaos Rp35.000, dan lukis gerabah Rp13.000.

Taman Pintar buka pada hari Selasa – Minggu mulai pukul 09:00 – 16:00 WIB. Hari Senin dan hari libur nasional taman ini tutup.

Bagaimana? Anda tertarik datang ke Taman Pintar Yogyakarta? Jangan lupa, bagi Anda yang ingin menyewa motor menuju Taman Pintar, segera hubungi kami di Sewa Motor Jogja. Sampai jumpa!