Selain menghadirkan wisata alam khas pegunungan, Kulon Progo juga menghadirkan wisata edukasi baru di objek wisata Taman Sungai Mudal Jogja. Objek wisata ini sebelumnya hanyalah sebuah sungai yang penuh semak belukar. Kemudian oleh masyarakat sekitar dibersihkan, dan lambat laun menjadi lebih cantik dan menjadi salah satu objek wisata baru di Kulon Progo.

Beragam Keseruan Berwisata di Taman Sungai Mudal Jogja

taman-sungai-mudal-jogja

Saat ini objek wisata Taman Sungai Mudal Jogja dikelola oleh pokdarwis setempat. Dahulu sebelum dikelola oleh pokdarwis, yang menarik dari tempat ini hanyalah air terjun Mudalnya saja. Saat tiba di Taman Mudal, Anda akan disuguhi panorama kolam alami yang berair jernih. Kolam tersebut biasanya dibuat berenang, berendam atau bermain air.

Lalu apa sajakah keseruan yang bisa Anda nikmati di taman Mudal? Berikut ini beberapa info seputar Taman Sungai Mudal Jogja untuk Anda.

Menikmati Alam Sambil Belajar Jenis-jenis Tanaman Anggrek

Taman Sungai Mudal Jogja merupakan objek wisata alam sekaligus wisata edukasi yang cocok untuk Anda kunjungi bersama kerabat, keluarga dan teman-teman. Ketika memasuki taman ini, Anda akan melihat sekumpulan bunga Anggrek dari berbagai macam jenis. Selain itu terdapat berbagai jenis tanaman hias lain yang dapat Anda ketahui di taman ini.

Menikmati Segarnya Kolam Alami di Taman Mudal

taman-sungai-mudal-jogja

 

Selain mengetahui berbagai jenis tanaman, Anda juga bisa menghabiskan waktu Anda untuk berenang di kolam alami. Di taman ini terdapat dua kolam renang yang dapat Anda pilih, yang pertama kolam dengan kedalaman 1-1,5 meter dengan ukuran 7 x 10 m2 khusus untuk anak-anak. Kedua, kolam berukuran 7 x 11 m2 dengan kedalaman 1,5-2 meter untuk dewasa. Sehingga Anda bisa mengajak anak, saudara bahkan murid-murid Anda.

Trekking ke Watu Wayang

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa menjajal untuk trekking ke Watu Wayang Watu Wayang merupakan sebuah tebing batu kapur dan mirip dengan kelir wayang. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan banyak kera ekor panjang di sepanjang jalur trekking.

Menikmati Wahana Camping, Flying Fox dan River Tubing

Pengelola Taman Sungai Mudal Jogja sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti lahan untuk berkemah, flying fox, dan river tubing. Dengan adanya berbagai macam fasilitas, diharapkan agar wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi objek wisata taman Sungai Mudal ini. Dan Anda pun bisa menjajal wahana baru yang dijamin akan memacu adrenalin Anda.

Menikmati Wifi Gratis

Selain itu, Taman Mudal juga menyediakan wifi gratis untuk para wisatawan. Sehingga Anda dapat berdiskusi di taman ini dengan santai. Selain berdiskusi, Anda juga bisa langsung mengunggah hasil foto-foto Anda ke sosial media. Sangat menarik bukan?

Lokasi dan Rute Taman Sungai Mudal Jogja

Objek wisata Taman Sungai Mudal Jogja berlokasi di Pedukuhan Banyuganti, Desa Jatimulyo, Giri Mulyo, Kabupaten Kulo Progo. Akses menuju objek Wisata Taman Mudal juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, bisa juga menggunakan bus dan kendaraan umum lainnya.

Rute menuju objek wisata Taman Sungai Mudal Jogja juga cukup mudah untuk ditemukan. Dari Perempatan Tugu Jogja arahkan kendaraan Anda Menuju ke arah barat sampai Perempatan Demak Ijo di Ring road barat. Dari situ arahkan menuju Jalan Godean lurus ikuti penunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo.

Dari jembatan progo ambil arah jalan menuju Goa Kiskenda sampai ke pertigaannya kemudian lururs sampai pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap. Dari sini Anda tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke menuju taman Sungai Mudal.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Objek wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk menikmati keindahan taman, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp6.000,00 perorang. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000,00 dan roda empat sebesar Rp3.000,00 saja.

Berbagai fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet mushola, kamar ganti dan warung makan sudah tersedia. Selain itu juga menyediakan gazebo untuk istirahat beserta fasilitas pendukung lain seperti wifi, flying fox dan river tubing.

Untuk mempermudah akses Anda ke Taman Sungai Mudal Jogja gunakan kendaraan yang prima. Namun jika Anda wisatawan dari luar Kota Yogyakarta, maka lebih baik sewa saja motor di layanan kami yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Akses laman sewamotorjogja.id dan dapatkan penawaran terbaik dari kami.