Tebing Breksi Jogja merupakan wisata populer dengan keistimewaan tebing putihnya yang mempesona. Berada di Kabupaten Sleman dekat Candi Prambanan membuat tempat ini tidak boleh dilewatkan jika berlibur di Yogyakarta. Awalnya, sebelum menjadi tempat wisata, lokasi tersebut merupakan tempat warga setempat menggali batu alam dan penebangan. Namun, pada tahun 2014, pemerintah menutup penambangan liar tersebut.

Sejarah dan Keindahan Wisata Tebing Breksi Jogja

tebing-breksi-Jogja

Setelah penambangan liar ditutup, otomatis warga sekitar kehilangan sumber penghasilan mereka. Walaupun kehilangan mata pencaharian, masyarakat setempat kembali bangkit dengan mengubah tempat penggalian tersebut menjadi kawasan wisata Tebing Breksi Jogja. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Berikut hal menarik paling tidak boleh dilewatkan jika mengunjungi Tebing Breksi.

Berfoto Berlatar Tebing Putih Tinggi yang Begitu Eksotis

tebing-breksi-Jogja

Tebing putih tinggi merupakan latar belakang sangat eksotis dan cantik untuk berfoto. Bahkan kawasan ini merupakan tempat favorit pasangan untuk foto prewedding, lho. Suasana dramatis dan romantis menyatu di tempat ini. Pastilah suasana tersebut diburu para fotografer dan penyuka selfie. Selain itu, tebing di sini juga mulai diukir. Ukirannya sangat indah dan menakjubkan.

Melihat Keindahan dari Ketinggian

Naiklah ke atas tebing, Anda akan menemukan pemandangan yang begitu menakjubkan. Anda dapat melihat hamparan hijau, candi prambanan, dan berbagai candi di kawasan ini, juga kemegahan dan kemisteriusan Gunung Merapi. Sungguh Anda tidak boleh melewatkannya. Ini juga merupakan spot menakjubkan yang ditawarkan Tebing Breksi Yogyakarta.

Merasakan Sunset Sempurna

Dari atas tebing maupun di bawah tebing, sunset sempurna akan Anda temukan di Tebing Breksi. Sehingga, direkomendasikan sekali datang ketika hampir sore agar dapat menemukan sunset di sini. Warna oranye langit di belakang tebing begitu menarik untuk segera diabadikan dengan mata maupun dengan kamera. Jadi, jangan sampai melewatkan sunset-nya, ya!

Lokasi dan Rute ke Tebing Breksi Jogja

Tebing Breaksi memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari Candi Ijo. Kira-kira sekitar ratusan meter saja. Sehingga, jika Anda mengunjungi Candi Ijo sempatkan untuk menilik pesona Tebing Breksi juga, ya. Lokasi objek wisata ini berada di Dusun Groyokan, yang masuk Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta. Kira-kira jarak yang akan ditempuh dari Candi Ijo menuju Tebing Breaksi hanya 1 kilometer saja.

Rute menuju Tebing Breksi cukup mudah. Pertama Anda perlu melewati jalur menuju Candi Prambanan, sebagai patokan adalah pasar Prambanan setelah itu belok ke arah kanan untuk menuju Piyungan.  Berlanjut mengendarai kendaraan Anda ke arah selatan menuju komplek Keraton Ratu Boko. Lalu, arahkan menuju Candi Ijo.

Pentunjuk arah akan mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Tebing Breksi. Ketika Anda menemukan SDN Sambirejo, beloklah ke kiri dan lanjutkan perjalanan lurus saja sampai 1 kilometer. Sampailah ke Tebing Breksi.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Tebing Breksi merupakan salah satu wisata murah di Jogja, sebab harga tiket masuknya gratis alias tidak bayar. Cukup membayar biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, Anda dapat menikmati berbagai keindahan tempat indah ini. Untuk jam buka Tebing Breksi dimulai dari pagi sekitar pukul 05.00 sampai sore kira-kira pukul 18.00 WIB. Dengan jam buka tersebut, Anda dapat menemukan sunrise dan sunset yang super indah.

Selain tempat parkir, fasilitas yang terdapat di Tebing Breaksi cukup disayangkan karena sangat minim. Hanya ada fasilitas utama seperti tlatar pertunjukan dan toilet. Jadi, Anda tidak dapat menginap di tempat ini karena tidak ada hotel, villa, maupun penginap sederhana. Anda juga harus membawa bekal makanan karena di tempat ini belum ada warung. Semoga saja, secepatnya pihak pengembang wisata tersebut memulai membangun berbagai fasilitas pendukung di Tebing Breksi, ya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Tebing Breksi Jogja. Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui bahwa fasilitas di objek wisata tersebut sangat minim. Agar berwisata di tempat ini menjadi nyaman, Anda perlu menyiapkan berbagai perlengkapan lebih estra, termasuk payung. Sebab di tempat ini tidak ada tempat berteduh bahkan pohon pun tak ada. Agar berwisata menjadi nyaman, Anda dapat menyewa kendaraan di sewamotorjogja.id.