Nama Desa Tembi diambil dari sejarah desa tersebut yang dahulunya merupakan tempat abdi dalem katemben, yang bertugas menyusui anak-anak dan kerabat raja. Karena latar belakang tersebut, pengunjung yang datang ke desa wisata Tembi Rumah Budaya Jogja ini akan disambut dengan hormat bak kerabat keraton.

Sejarah Desa Wisata Tembi Rumah Budaya Jogja

tembi-rumah-budaya-jogja

Desa Tembi sendiri adalah bagian dari Kampung Kerajinan GMT (Gabusan-Manding-Tembi) yang diresmikan pada 31 Agusutus 2007 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Di desa inilah berdiri sebuah rumah yang menjadi Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture. Wisata Tembi Rumah Budaya Yogyakarta ini beralamat di Jalan Parangtritis Km. 8,4, Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

Museum ini memiliki luas bangunan utama 212 meter persegi, berdiri di atas tanah seluas 3.500 meter persegi. Sementara luas seluruhnya adalah 1.057 meter persegi.

Koleksi museum ini terdiri dari beragam peralatan peralatan tradisional khas Jawa. Seperti peralatan memasak tungku dan dandang, senjata tradisional keris dan tombak, dan peralatan pertanian berupa bajak. Terdapat juga koleksi gamelan dan batik, foto-foto kuno, poster, sepeda motor tua, serta koleksi buku dan kitab klasik yang jumlahnya sekitar 5.000 naskah.

Konsep Pedukuhan Kuno Khas Jawa

tembi-rumah-budaya-jogja

Wisata Tembi Rumah Budaya Jogja ini juga bisa digunakan sebagai penginapan. Didukung fasilitas tambahan seperti restoran, ruang rapat, ruang pameran, kolam renang, dan pendopo. Pengelola juga menyediakan pemandu wisata yang bisa menjelaskan kepada pengunjung tentang seluk beluk Desa Tembi dan budaya Jawa pada umumnya.

Bangunan Desa Tembi Rumah Budaya Jogja didominasi oleh nuansa kayu yang kental budaya Jawa. Serasi dengan pemandangan alam yang mempesona di selatanĀ  Yogyakarta, sesuai untuk refreshing selama liburan.

Seluruh bangunan penginapan dibangun dengan material kayu dan ubin polos, seperti rumah-rumah pada zaman dahulu.

Di tempat ini, juga digelar pertunjukan tarian tradisional Indonesia setiap bulannya, serta pertunjukan wayang dengan dalang yang berasal dari Bantul. Wisata Tembi Rumah Budaya Jogja juga menawarkan paket kunjungan dengan beragam kegiatan seperti umum dilakukan warga desa. Semisal membajak sawah, membatik, dan belajar memainkan gamelan.

Fasilitas Tambahan

Jangan khawatir terpisah dengan rekan di jejaring sosial Anda. Meski keseluruhan tempat wisata ini bernuansa tradisional, wifi tetap tersedia. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan penginapan serta berinteraksi dengan pengunjung yang lain.

Selain itu, tersedia juga tempat outbond dan ampiteater sebagai tempat berkumpul. Dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang memadai di setiap balai inap. Dengan demikian, Tembi Rumah Budaya Jogja sangat sesuai untuk acara gathering perusahaan, sekolah, komunitas, dan keluarga.

Fasilitas yang tidak kalah spesial adalah penjemputan ke atau dari stasiun dan bandara tanpa biaya tambahan. Layanan ini sangat menguntungkan karena jarak kedua tempat tersebut cukup jauh jika dijangkau dengan taksi. Ada pula layanan massage bisa dipesan melalui resepsionis untuk Anda yang lelah usai perjalanan jauh atau berkeliling kota Yogyakarta.

Jam Operasi dan Harga Tiket Masuk Serta Sewa Penginapan

Museum ini dibuka dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat. Anda tidak dikenakan biaya jika hanya mengunjungi museum di kompleks wisata Tembi Rumah Budaya Jogja ini.

Untuk menginap di tempat ini, Anda akan mendapatkan fasilitas makan tiga kali sehari, dan minum kopi di sore hari. Harga yang ditawarkan sekitar Rp426.000,00 hingga Rp999.000,00 untuk dua orang.

Balai inap yang disediakan bervariasi, mulai dari kapasitas dua orang, enam orang, hingga 12 orang. Untuk pengunjung rombongan, ada biaya ekstra untuk bed sebesar Rp115.000 per orang. Balai inap berjumlah 9 buah berbentuk limasan yang bernama sesuai dengan daerah asal rumah.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berkeliling desa dengan sepeda onthel dan belajar menari. Harga paket aktivitas ini sekitar Rp54.000,00 sampai Rp63.000,00 beserta pemandu.

Menuju ke lokasi

Menemukan lokasi wisata Tembi Rumah Budaya Jogja tidaklah sulit. Anda bisa menaiki bus mini jurusan Parangtritis, kemudian turun di kilometer 8.4, atau pertigaan lampu merah depan SD Timbulharjo. Dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur sekitar setengah kilometer. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuhnya cukup singkat dari pusat kota Yogyakarta.

Informasi seputar wisata Tembi Rumah Budaya Jogja di atas semoga bermanfaat untuk Anda. Bila memerlukan sepeda motor untuk berkeliling kawasa Yogyakarta, jangan ragu hubungi sewamotorjogja.id untuk layanan sewa terbaik dan paling memuaskan.