Baru di tahun 2017, Yogyakarta resmi memiliki obyek wisata baru bernama The Lost World Castle Yogyakarta. Obyek wisata ini dibangun dengan maksud memberikan pesan edukasi terkait kejadian erupsi besar dari Gunung Merapi di tahun 2006. Akibat dari erupsi tersebut sebuah desa bernama Kepuharjo hilang. Desa inilah yang kini menjadi lokasi bangunan The Lost World Castle Yogyakarta atau Dunia yang Hilang di Yogyakarta dengan luas lahan 1,3 hektar.

Lalu, seperti apa daya tarik wisata The Lost World Castle Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Desain Kastil The Lost World Castle Yogyakarta Yang Unik

Seperti di negeri dongeng, kastil memang identik dengan kompleks istana. The Lost World Castle Yogyakarta memiliki penampakan luar seperti kastil. Banyak pengunjung menyebut obyek wisata ini sebagai The Great Wall di Cina atau Benteng Takeshi dari Jepang. Desain kastil yang unik dengan tembok besar berwarna kelabu. Selain itu, tembok yang juga sangat panjang ini memiliki banyak pos penjagaan pada jarak beberapa meter.

Serunya Berfoto

The Lost World Castle Yogyakarta

Obyek wisata yang baru genap setahun ini sudah sangat viral di sosial media. Tentu saja karena lokasinya sangat cocok sebagai spot foto. Ada banyak spot menarik yang pasti seru untuk diabadikan. Seperti menapaki kastil, tangga emas, sayap di atas awan, dan padang rumput. Ada lagi spot bertema indian, spot bertema Jepang dengan nuansa pohon sakura dan beberapa 3D art lain yang memberikan kesan ilusi serta spot foto dengan latar pemandangan Gunung Merapi.

Berada di Zona Merah Rawan Bencana

Obyek wisata ini sempat mengalami kontroversi penutupan, lantaran dibangun tepat di atas hilangnya Desa Kepuharjo. Pemerintah menganggap obyek wisata ini berada dalam Zona Merah. Zona Merah dinilai rawan bencana dan kerusakan ketika terjadi erupsi yang tidak terprediksi. Selain itu, konstruksi bangunan memakai bebatuan akibat dari erupsi. Hal tersebut berdampak pada izin beroperasi yang belum resmi. Namun, pengelola obyek wisata tetap memberikan yang terbaik bagi pengunjung dengan terus memantau aktivitas Gunung Merapi.

Pembangunan Obyek Wisata Yang Masih Terus Berlanjut

The Lost World Castle Yogyakarta

Rupanya obyek wisata yang tergolong unik ini masih belum selesai dibangun. Saat ini beberapa bagian kondisi obyek wisata belum sepenuhnya selesai. Rencana pembangunan akan lebih banyak tiruan bebatuan zaman megalitikum yang diatur melingkar. Bahkan pengelola obyek wisata juga merencanakan pembuatan artefak erupsi Gunung Merapi dengan lebih lengkap. Nantinya, obyek wisata ini akan masuk dalam paket wisata merapi. Tentu saja sangat menarik pengunjung. Apalagi penataan bebatuan yang belum selesai tersebut akan dibangun sangat instagrammable. Jadi semakin tidak sabar ya menunggu pembangunannya selesai.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju The Lost World Castle Yogyakarta

Lokasi The Lost World Castle Yogyakarta terletak di Kawasan Sleman, Desa Kepuharjo atau bertempat di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Meskipun cukup jauh dari pusat kota karena memang obyek wisata ini memang ada dalam wilayah lereng Gunung Merapi. Namun jangan khawatir, akses menuju obyek wisata ini sudah sangat mudah.

Rute menuju ke lokasi bisa dimulai dari wilayah mana saja di Yogyakarta. Anda hanya perlu menuju Jalan Kaliurang dengan melaju lurus ke arah Utara. Arah Utara tersebut akan membawa Anda ke kawasan Gunung Merapi. Dari Jalan Kaliurang arahkan kendaraan menuju Kaliadem. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Bebeng hingga Kopi Merapi. Setelah melalui Kopi Merapi arahkan kendaraan menuju arah Timur dan tidak jauh dari sana akan terlihat benteng besar yang merupakan obyek wisata The Lost World Castle Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka Dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke lokasi untuk pengunjung sebesar Rp25.000 per orang. Biaya parkir motor sebesar Rp2.000 sedangkan biaya parkir mobil sebesar Rp5.000. harga tersebut masih dalam masa promosi karena setelah pembangunan selesai maka harga tiket masuk menjadi Rp60.000. Jam buka operasional pada hari Senin-Jumat yaitu pukul 07.00-18.00 WIB sedangkan pada hari Sabtu-Minggu yaitu pukul 06.00-18.00 WIB. Di dekat lokasi obyek wisata juga tersedia penginapan dengan biaya per malam sebesar Rp50.000.

Demikianlah ulasan tentang The Lost World Castle Yogyakarta. Sebagai tambahan, selalu periksa kondisi terbaru dari aktivitas Gunung Merapi sebelum memutuskan berwisata ke obyek wisata ini. Sebaiknya juga mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, mengingat bangunan kastil yang sangat luas. Untuk mempermudah akses, silakan sewa saja motor ke layanan kami, Sewa Motor Jogja. Dijamin kendaraan dalam kondisi prima karena selalu dirawat.