Keindahan dan keanekaragaman alam di Yogyakarta memang tidak habis-habis. Selain pesona pantainya yang aduhai, banyak terdapat objek wisata lain yang tidak kalah indahnya. Kali ini ada sebuah objek wisata di Kulon Progo, yang panoramanya tidak kalah indah dengan objek wisata lain. Nama objek wisata tersebut yaitu Waduk Sermo Kulonprogo.

Fakta dan Sejarah Waduk Sermo Kulonprogo Yogyakarta

waduk-sermo-kulonprogo

Pembangunan Waduk Sermo dimulai pada tahun 1994 yang kemudian diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Pak Soeharto, Presiden kedua Indonesia. Sebenarnya waduk sermo merupakan sebuah irigasi yang membendung Kali Ngancah. Untuk pembangunan Waduk sermo sendiri, dahulunya pemerintah Kulon Progo melakukan pemindahan penduduk secara massal ke beberapa daerah luar Jawa. Diantaranya di Bengkulu dan Riau.

Waduk ini memiliki panjang maksimal 190 meter dengan lebar 8 meter. Area permukaan waduknya mencapai 1,59 km2 dan mampu menampung debet air sebanyak 25 juta m3 dengan ketinggian 141,60 meter. Waduk Sermo juga terdiri dari beberapa bagian yaitu, bendungan utama, puncak bendungan, coffer dam, bangunan pelimpah dan terowongan.

Sampai saat ini waduk sermo dimanfaatkan oleh PDAM sebagai sumber air bersih dan untuk irigasi mengairi sawah di daerah Wates dan sekitarnya. Selain itu, waduk ini juga kadang dimanfaatkan oleh Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai tempat pelatihan. Dijadikan pula sebagai tempat lomba mendayung dan objek diskusi seputar evaluasi geologi teknik dan kerentanan gerakan tanahnya.

Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di objek wisata Waduk Sermo Kulonprogo ini. Lalu apa sajakah itu? berikut ini beberapa kegiatan dan keseruan yang dapat Anda lakukan di waduk sermo.

Spot Memancing yang Menyenangkan

Objek wisata ini menawarkan tempat pemancingan yang cukup menyenangkan bagi anda sang pecinta mancing. Di Waduk Sermo, konon katanya terdapat sebuah ikan predator yang biasa dijuluki ‘Setan Merah’. Jadi, jika Anda berkunjung ke waduk ini jangan lupa untuk membawa peralatan memancing yang lengkap. Dan Anda bisa mulai berburu ikan setan merah, sang predator terkenal dari objek wisata Waduk Sermo Kulonprogo.

Menikmati Pemandangan Sekitar dengan Perahu

waduk-sermo-kulonprogo

Selain bisa memancing, Anda juga dapat menyewa perahu wisata yang disediakan untuk berkeliling danau. Dengan perahu tersebut, Anda bisa memanjakan mata dengan menyaksikan perbukitan yang mengelilingi danau.

Apabila tidak ingin menyewa perahu, Anda juga bisa berkeliling danau dengan berjalan kaki. Anda tidak perlu khawatir, karena disekitar danau sudah terdapat tempat singgah berupa gazebo yang dapat  Anda jadikan tempat istirahat ketika lelah.

Senja Menawan Spot Foto Terbaik dari Waduk Sermo Kulonprogo

Biasanya Waduk Sermo akan ramai saat siang menjelang sore. Karena waktu-waktu inilah yang digadang-gadang menjadi waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Waduk Sermo.  Selain itu, saat menjelang sore Anda dapat melihat matahari tebenam dari balik waduk. Cahaya matahari yang terbenam memberikan efek keemasan pada air waduk. Saat itu juga merupakan latar yang paling bagus untuk berfoto.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Menuju Waduk Sermo

Apabila Anda penasaran dengan Waduk Sermo Kulonprogo, Anda bisa berkunjung ke Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Meskipun bukan wisata populer di Jogja, namun pemandangannya yang indah tidak akan membuat Anda kecewa.

Untuk sampai di Waduk Sermo Kulonprogo, Anda bisa mengambil arah ke jalan Wates. Dari pusat kota Anda harus melajukan kendaraan Anda menuju Jalan Wates atau Kota Wates. Dari sana akan ada penunjuk jalan menuju Waduk Sermo. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut. Jalanannya pun mudah untuk diakses karena sudah beraspal, Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju waduk tersebut.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Anda bisa mengunjungi Waduk Sermo setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk menikmati keindahan waduk, Anda hanya akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp2.000,00 saja. Untuk parkir kendaraan motor sebesar Rp2.000,00, Mobil Rp3.000,00, Bus/Truck Rp5.000,00.

Fasilitas yang tersedia di waduk sermo yaitu tempat memancing gratis untuk Anda yang hobi memancing. Selain itu tersedia beberapa gazebo untuk istirahat, dan perahu boat yang bisa Anda sewa dengan membayar Rp10.000,00 perorang. Perahu tersebut bisa memuat penumpang sampai batas maksimal 20 orang.

Itulah sedikit informasi mengenai objek wisata Waduk Sermo Kulonprogo. Semoga beberapa informasi diatas dapat memandu Anda ketika ingin berkunjung ke waduk tersebut. Untuk transportasi menuju waduk, Anda bisa menyewa motor di sewamotorjogja.id, dijamin harga yang ditawarkan terjangkau dan liburan Anda akan jauh lebih menyenangkan.