Selain gua-gua karst, daerah Gunungkidul, Yogyakarta masih menyimpan daya tarik lain yang tidak kalah memesona. Di tempat wisata Gedangsari Jogja, yang lebih tepatnya berada di Kabupaten Gunungkidul, Anda bisa mengucap selamat tidur untuk matahari dalam potret panorama yang begitu indah. Penasaran? Check it out!

Sekilas Tentang Wisata Gedangsari Jogja

wisata-Gedangsari-jogja

Ya, tempat ini merupakan tempat yang didesain sedemikian rupa menjadi sebuah green village. Green village Gedangsari Jogja berada di daerah perbukitan. Pada senja hari, panorama di tempat ini menjadi sangat indah nan romantis. Dari atas bukit Anda dapat menyaksikan matahari yang perlahan tenggelam, sembari menikmati permata hijau di sekeliling Anda.

Saat malam pun tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi. Banyak disediakan gazebo untuk menikmati pemandangan alam. Cocok sekali sebagai tempat menghabiskan malam bersama orang-orang tersayang. Bukan hanya itu, di sini juga dijual berbagai kerajinan tangan yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil masyarakat setempat.

Ada sejarah menarik dari pembangunan desa wisata ini. Desa sebenarnya dikembangkan oleh masyarakat setempat yang mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani dengan bantuan pemerintah melalui program MP3KI. Dana yang dihabiskan untuk membangun dan mengembangkan desa tersebut menjadi desa wisata mencapai 2 miliar rupiah.

Indahnya Green Village Gedangsari Tentu Cocok Untuk Selfie

wisata-Gedangsari-jogja

Seperti daerah-daerah perbukitan pada umumnya, wisata Gedangsari Jogja ini tentu menawarkan keindahan panorama alam yang tidak akan terlupakan. Oleh para pengunjung, tempat satu ini memang dijadikan sebagai titik untuk berlomba mengucapkan selamat tidur kepada matahari. Warna langit yang keemasan berpadu dengan hijaunya dedaunan dari tanaman sekitar tentu menjadi kombinasi yang ciamik untuk memanjakan penglihatan juga pikiran.

Karena pemandangannya yang indah, maka sudah pasti tempat ini cocok sebagai tempat untuk selfie maupun wefie. Lagi pula sayang juga kan berkunjung ke tempat seindah Gedangsari namun tidak diabadikan?

Bukan Hanya Menikmati Matahari, Tapi Ada Keseruan Lain di Sini

Selain menyediakan panorama senja yang menawan mata dan jiwa, green village Gedangsari juga menyediakan wahana lain yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, yakni flying fox.

Bagi Anda yang menyukai tantangan juga ketinggian, tentu bermain di flying fox akan sangat menyenangkan. Flying fox di Gedangsari ini memiliki panjang lintasan sejauh 625 meter dan dapat melaju hingga kecepatan 80 km/jam. Flying fox ini konon kabarnya merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara loh!

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk meluncur di flying fox kurang lebih 60 detik. Nah jika Anda pernah bercita-cita menjadi burung, maka wahana satu ini tentu patut Anda coba! Meski hanya dalam waktu yang sangat singkat, tentu hal itu akan sangat menyenangkan!

Lokasi dan Rute yang Harus Ditempuh

Green Village Gedangsari berlokasi di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul. Dari pusat kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 2 jam. Namun di akhir pekan, bisa saja perjalanan tersebut menjadi lebih lama karena padatnya kendaraan yang menuju Gunungkidul untuk berwisata.

Rutenya sendiri cukup mudah. Jika pengunjung dari Klaten, maka mengarah ke selatan melalui Dusun Watugajah. Jika pengunjung dari arah barat, maka mengarah ke selatan melalui Desa Tegalrejo, lalu ke barat menuju Guyangan Lor.

Sedangkan untuk rute dari Yogyakarta, pengunjung dapat mengikuti rute ke arah Wonosari, atau rute lain melalui Solo-Klaten ke arah Wedi. Lalu ikuti petunjuk arah di atas.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Disediakan

Mengenai harga tiket masuk Green Village Gedangsari sangat murah, yakni Anda cukup membayar biaya parkir untuk motor Rp3000,00 dan mobil Rp5000,00. Namun jika Anda ingin menikmati flying fox, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp100.000,00 per orang. Fasilitas yang didapat untuk menikmati flying fox tersebut tentu sudah termasuk berbagai alat pengaman, juga instruktur yang profesional.

Untuk fasilitas, di wisata Gedangsari Jogja sendiri terdapat banyak gazebo untuk bersantai dan bercengkerama, mushola, dan juga toilet. Jadi bagi Anda yang muslim, tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat sholat. Di sini sudah tersedia.

Bagi Anda yang baru pertama kali hendak mengunjungi Gedangsari dan khawatir terjebak macet atau tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda dapat dapat memanfaatkan jasa rental motor Jogja di sewamotorjogja.id . Anda tinggal menelpon kami, dan kami akan mengantar motor untuk Anda. Demikian ulasan mengenai wisata Gedangsari Jogja. Selamat berlibur!