Sesuai dengan namanya, pantai satu ini tergolong masih baru dibandingkan dengan pantai lain di Yogyakarta. Memang belum seterkenal Parangtritis atau Parangkusumo, tetapi Pantai Baru juga menawarkan berbagai keindahan yang tidak kalah dari dua pantai tersebut. Apa saja ya? Berikut ulasan mengenai Pantai Baru Jogja!

Melihat Pantai Baru Jogja Lebih Dekat

wisata-pantai-baru-jogja

Disebut sebagai “baru” karena memang peresmian pantai ini sebagai tempat wisata sejak 2010. Hal itu tergolong lambat dibandingkan pantai lain di sekitarnya, seperti Pantai Gua Cemara dan Pantai Kuwaru.

Karena masih baru, maka suasananya masih sepi sehingga kesan alami masih melekat. Di pantai ini Anda akan merasa seperti berada di Negeri Kincir angin, sebab banyak kincir angin yang berdiri tegak di sekitar pantai. Kincir angin itu beraneka ragam bentuknya, mulai dari yang kecil, sampai yang menjulang di tiang yang tingginya puluhan meter.

Pantai Baru Tidak Kalah Indah Kok!

Selain unik dengan banyaknya kincir angin yang ada di Pantai Baru Jogja, pantai ini juga berbatasan langsung dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaro. Seperti pantai di Bantul lainnya, Pantai Baru juga memiliki ombak cukup besar dengan gumuk atau gunungan pasir di sepanjang penjuru pantai.

Kincir angin yang ada di sekitar pantai baru itu itu sendiri merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Tidak heran jika jumlahnya banyak. Hal ini tentu menambah nilai plus dari Pantai Baru. Karena selain menikmati panorama pantai yang ciamik, debur ombak yang menabraki kaki, Anda juga bisa merasakan sensasi berlibur di Negeri Belanda, bukan?

Tempat wisata satu ini juga dikelilingi oleh pohon cemara udang. Banyaknya pohon tersebut menolong dari sengatan terik matahari saat siang. Sehingga bagi Anda yang khawatir kulitnya menjadi gelap, Anda tinggal berlari saja ke bawah pohon cemara udang dan berteduh di sana.

Keseruan yang Bisa Dilakukan

wisata-pantai-baru-jogja

Selain untuk dinikmati panorama indahnya, bercengkerama bersama keluarga, juga tersedia ATV yang dapat disewa untuk berkeliling pantai, melintasi pasir yang naik turun. Daerah pantai yang sepi, cocok bagi Anda yang mendamba ketenangan setelah beberapa hari riuh beraktivitas.

Tidak lupa kincir angin yang berdiri tegak di antara tanaman Palawija menjadi daya tarik tersendiri, terlebih untuk ber-selfie. Usut punya usut, ternyata kincir angin ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2010. Karena manusia tidak bisa mengatur angin, maka kincir angin itu juga memanfaatkan tenaga matahari dan biogas. PLTH ini memang nyatanya mampu membantu masyarakat sekitar Pantai Baru untuk memenuhi kebutuhan akan listrik.

Bagi yang belum bisa berjalan-jalan di Eropa, tentu kincir angin menjadi spot yang menarik untuk berfoto ya!

Lokasi dan Rute yang Dapat Ditempuh

Pantai Baru berlokasi di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk rute yang dapat ditempuh melalui pusat kota Jogja, maka Anda bisa mengambil jalur ke Jalan Bantul, menuju selatan. Setelah sampai di Bantul, Anda langsung saja menuju ke Srandakan. Bila Anda menemui bundaran Srandakan, maka Anda belok kiri dan ambil lurus terus ke arah selatan. Setelah menemui pertigaan, maka akan terlihat papan nama yang menunjukkan ke arah Pantai Kuwaru (kalau belok kiri) dan Pantai Baru (kalau belok kanan).

Harga Tiket dan Fasilitas yang Akan Didapat

Harga tiket masuk Pantai Baru Jogja sangat murah, yakni hanya sebesar Rp2.000,00. Namun yang perlu diingat, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan, jadi siapkan saja uang lebih.

Fasilitas yang ada juga sudah lengkap, mulai dari toilet musala, dan warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda tidak sempat memasak untuk dibawa ke sini. Harga makanan juga bersahabat kok! Selain itu, ada juga ATV yang bisa disewa oleh pengunjung dengan harga Rp30.000,00 untuk 15 menit. Memang cukup singkat waktunya, maka dari itu Anda tidak boleh terlena ketika menyewa ATV, hihihi.

Lalu bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Baru namun terkendala tidak adanya kendaraan atau kendaraan Anda tidak cukup, Anda dapat menghubungi kami di sewamotorjogja.id untuk menyewa motor. Cukup mudah bukan? Selamat berlibur di Pantai Baru Jogja yang terasa seperti negeri Belanda ya!