Kota yang dikenal istimewa ini memang memiliki cukup banyak pantai. Setiap pantai memiliki ciri khasnya masing-masing dan tidak jarang juga ada yang memiliki cerita mistis di baliknya. Nah kali ini kami akan mengulas mengenai wisata Pantai Depok Yogyakarta yang menurut kabar yang beredar menjadi surga untuk berburu seafood. Wah bagaimana ya?

Mengenal Wisata Pantai Depok Yogyakarta

wisata-Pantai-Depok-yogyakarta

Jika pantai biasanya menonjolkan kegiatan seperti surfing, diving, atau sejenisnya, maka Pantai Depok menonjolkan wisata kulinernya. Wisatawan yang mengunjungi Pantai Depok akan dimanjakan dengan berbagai olahan seafood yang tentunya lezat.

Meski begitu, bukan berarti pemandangan di Pantai Depok tidak indah. Keindahannya tak kalah dari keindahan Pantai Parangtritis yang terkenal. Di sepanjang lokasi pantai, terdapat warung yang menjajakan berbagai olahan seafood.

Ada sejarah mengenai Pantai Depok ini. Dulunya, warga di  sekitar Pantai Depok sebagian besar berprofesi sebagai petani dilahan pasir. Namun ketika tahun 1997 sekelompok nelayan yang berasal dari Cilacap berlabuh di pantai ini, segalanya sama sekali berubah. Karena hasil laut yang dibawa sangat melimpah, warga sekitar pantai banting setir menjadi nelayan dan mencari ikan nyaris sepanjang tahun.

Melihat hasil tangkapan banyak, warga kemudian membangun Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan juga Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Semakin hari, perkembangan keduanya semakin pesat. Oleh sebab banyak wisatawan yang datang, kemudian di sekitar pantai mulai menjamur warung-warung yang menjajakan seafood tersebut.

Pantai Depok yang Indah dan Banyak Makanan Enak

wisata-Pantai-Depok-yogyakarta

Seperti yang sudah disampaikan bahwa wisata Pantai Depok Yogyakarta ini lebih menonjolkan pada wisata kulinernya. Berbagai macam seafood tersedia di sini, seperti ikan bawal, tongkol, kakap, cakalang, layur, kepiting, cumi-cumi, udang dan masih banyak lagi. Tentu saja seafood yang disajikan dalam keadaan segar karena baru saja ditangkap oleh para nelayan.

Warung-warungnya pun didesain sedemikian rupa, sehingga wisatawan bisa menyantap kuliner dengan suguhan keindahan laut pantai. Di warung disediakan lesehan yang menghadap ke selatan sehingga wisatawan dapat langsung menikmati panorama laut pantai.

Pasir dari Pantai Depok berwarna kecokelatan, seperti pasir pada Pantai Parangtritis. Di tepi pantai, banyak ditemui kapal nelayan yang diparkir. Kapal tersebut dicat warna-warni sehingga jajaran rapinya menambah nilai keindahan dari Pantai Depok.

Keseruan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berkumpul bersama orang tersayang di hari libur atau akhir pekan, sembari menikmati seafood ditemani semilir angin pantai, pasir cokelat yang lembut, dan debur ombak tentu akan menjadi keseruan tersendiri yang akan semakin mengeratkan hubungan satu sama lain.

Selain itu, mencoba turut serta bersama nelayan yang menangkap ikan, juga bisa menjadi keseruan lain yang mungkin hanya bisa didapat di Pantai Depok. Bermain air, bermain pasir, juga bisa Anda lakukan di pantai ini. Asal jangan bermain hati saja. Itu berat.

Dan juga jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Kelak saat rindu, maka kenangan itu akan menjadi pengingat yang mungkin disadari atau tidak akan melengkungkan senyum di bibir Anda.

Lokasi dan Rute yang Harus Ditempuh

Wisata Pantai Depok Yogyakarta ini berlokasi di barat Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Bila dari pusat kota Yogyakarta, maka jaraknya sekitar 40 km ke arah selatan. Lokasi tepatnya ada di Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Bantul, Yogyakarta.

Rute ke Pantai Depok dari pusat kota satu arah dengan rute menuju Pantai Parangtritis. Anggap saja sekali jalan, dua tiga pantai terlampaui (karena melampaui pulau itu tidak mudah).

Bila dari kota Yogyakarta, maka jalan menuju selatan melalui Jl. Parangtritis. Ikuti saja jalan utama. Tetapi  sebelum masuk TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Pantai Parangtritis, maka belok ke kanan menuju TPR Pantai Depok. Perjalanan ini membutuhkan estimasi waktu sekitar 1 – 1,5 jam.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Biaya retribusi yang dikenakan di Pantai Depok tidak sampai membuat dompet mengempis, hanya Rp10.000,00 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk jika Anda hendak mengunjungi pantai lain di sekitar Pantai Depok.

Satu  lagi, jika Anda hendak berlibur ke wisata Pantai Depok Yogyakarta namun terkendala kendaraan, maka kami menyediakan jasa sewa motor. Tidak perlu mendatangi kantor kami, cukup klik sewamotorjogja.id dari handphone canggih Anda. Sangat mudah bukan?